Adi Triasmara

Adi Triasmara

Friday, August 21, 2015

3 Ritual Sederhana untuk Kurangi Ketakutan Public Speaking


Apa kamu pernah berada dalam situasi dimana kamu diminta untuk berbicara di depan publik? Lalu, di saat itu juga kamu merasa takut dan panik sehingga kata-kata yang telah kamu persiapkan sebelumnya lenyap seketika? Jika jawaban Anda PERNAH, maka kita senasib! ^^

Well, apapun profesi kita saat ini, mulai dari pelajar, guru atau dosen, sales representative, manager, hingga businessman, kita semua membutuhkan skill public speaking yang baik. Benar begitu?

Dan pada saat saya masih kuliah dulu di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, terus terang saya memiliki skill public speaking yang sangat pas-pasan bahkan cenderung buruk :(

Namun saya terus belajar dan lama-kelamaan saya pun secara perlahan mampu meningkatkan skill public speaking saya hingga puncaknya saya mendapatkan juara 1 dalam kompetisi SpeakUp Contest di Young Trainer Academy batch 2 Jakarta yang diikuti kurang lebih 60an pemuda dari berbagai daerah di Indonesia. (Rejeki anak sholeh..hehe) By the way, acara tersebut diselenggarakan oleh Cerdas Mulia Institute.

Nah, pada kesempatan kali ini ijinkan saya berbagi tentang 3 ritual sederhana untuk kurangi ketakutan public speaking yang saya biasa terapkan. Ketiga ritual tersebut adalah:

1. Gunakan Teknik Visualisasi

Sebelum ‘naik panggung’, saya biasanya datang lebih awal untuk melakukan observasi lokasi, tools, posisi duduk, dan lain sebagainya. 

Lalu, saya selalu menyempatkan diri untuk duduk rileks, memejamkan mata, mengatur napas dengan teratur, dan membayangkan keseluruhan penampilan saya di atas panggung. Mulai dari MC memanggil nama saya, saat saya membawakan materi, hingga saat penutupan. Saya mencoba membayangkannya secara VISUAL ke dalam otak saya sembari menanamkan sugesti-sugesti positif dalam diri. 

“Kan belum mulai, mas?” Justru itu! Yang saya lakukan adalah mem-VISUALISASI-kan penampilan saya secara keseluruhan dengan positif. Visualiasi positif terbukti menghadirkan aura positif dalam diri dan berujung pada penampilan yang positif pula. Asyik kan? ^^


2. Persiapkan Gerak Fisik

Saat seseorang gugup atau takut, biasanya orang tersebut melipat kedua tangannya di depan dada, menundukkan kepalanya, berkeringat dingin, duduk tertunduk, dan susah untuk tersenyum. 

Salah satu ritual yang bisa kamu coba adalah merubah gerak tubuh kamu 180 derajat. Yang saya lakukan, sebelum tampil, adalah pergi ke kamar mandi atau ke tempat yang tidak terlalu ramai kemudian saya memaksimalkan GERAK FISIK saya. Saya melakukan senam mulut, stretching, mengepalkan kedua tangan, tersenyum, bahkan hingga melompat-lompat di tempat sambil mengatakan ‘Saya Pasti Bisa!’. 

Ketika mengubah gerak menjadi lebih berenergi, aliran darah menjadi lancar, suhu badan kita menjadi lebih hangat, dan pastinya membuat kita ‘siap tempur’. Kenapa nggak mencoba lakukan hal tersebut daripada duduk diam dalam kecemasan?


3. Panjatkan Doa Terbaik

Ketika semua persiapan telah dilakukan, ada satu ritual lagi yang tidak kalah POWERFUL nya dari kedua ritual sebelumnya. 

Ritual ini bagi saya adalah ritual kunci. Jika ritual ini tidak ada, seolah semuanya menjadi sia-sia. Apa itu? Ya, tepat sekali! DOA! Doa selalu membuat saya jauh lebih tenang, dan saya yakin kamu pun merasakan hal yang sama, betul? Secara ekslusif, saya juga pernah membahas bagaimana doa bisa mengubah ketakutan menjadi KEKUATAN disini untuk bentuk slide dan disini untuk format audio. Klik kedua link tersebut untuk penjelasan lebih lanjut.


So, itulah 3 ritual sederhana untuk kurangi ketakutan public speaking yang saya biasa terapkan. Dengan menerapkan ketiganya, Alhamdulillah saya mampu meningkatkan skill public speaking saya dan akhirnya mendapatkan banyak kesempatan berbagi di depan public seperti misalnya di FEB Univ. Mercu Buana Jakarta, FISIP Univ. Indonesia, Kalbe Institute Jakarta, dan masih banyak universitas-universitas lain di Indonesia. 

Share yuk pengalaman public speaking kamu dan usaha apa aja yang pernah kamu lakuin untuk menghilangkan takut saat tampil. Tinggalkan cerita kamu di kolom komentar ya! 

Sukses selalu buat kamu!

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com