Adi Triasmara

Adi Triasmara

Tuesday, August 11, 2015

3 Kesalahan Utama Pembelajar Bahasa Inggris


Tidak sedikit orang yang bertanya pada saya, "Mas, gimana sih caranya bisa bahasa Inggris dalam waktu singkat?", "Oh gampang! Perbanyak makan KEJU yaa!", jawab saya sembari bergurau. Hehe.. Well, basically, memang ada beberapa tips dan tricks dimana kita bisa menguasai bahasa Inggris dalam waktu yang relatif singkat, asalkan kita semua mau menghargai PROSES.

Setelah saya mengamati dan melakukan sedikit riset, ternyata ada setidaknya 3 kesalahan utama pembelajar bahasa Inggris yang lazim terjadi sehingga kita mengalami kesulitan dalam prosesnya. Berikut adalah ketiga alasan tersebut:

1) Fokus banget sama GRAMMAR

Sebuah permasalahan klasik. Saya gak bilang kalau belajar grammar itu tidak penting. Tata bahasa dalam bahasa apapun itu penting. Tapiiii..yang menjadi masalah adalah apabila kita terlalu fokus pada hal tersebut. Grammar, pada kenyataannya, sedikit terlalu rumit untuk diingat dan dihapalkan. Kita kan gak punya banyak waktu untuk memikirkan dan mengingat grammar saat kita bercakap, kan? Solusinya, jangan buang grammar, melainkan masukkan grammar dalam proses belajar kita. Pelajari grammar dari lagu, film, cerpen, dll. Menyenangkan, bukan?

2) Cuma mau PERFECT

"Gue mau ngomong sih, tapi bener ga yah? Kalau nanti salah gimana?", apa ini yang sempat ada di benak kamu? Kalau iya, sama! Me too! But it was a long time ago. Lama kelamaan saya menyadari kalau terus menurus mengejar kesempurnaan dalam bahasa Inggris, kita gak akan take action. Dan kalau kita tidak take action, kita juga tidak akan make improvements. Yang saya lakukan biasanya adalah belajar dari kesalahan-kesalahan yang saya buat untuk kemudian saya koreksi dan jadikan tambahan skill dan ilmu baru.

3) Belajar SENDIRIAN

Sungguh kesendirian ini menyiksaku..loh, maaf salah fokus. Hehe.. Yap, yang saya perhatikan, biasanya karena kita belajar sendirian, kita tidak memiliki semangat yang besar untuk keep going, belajar bahasa Inggris. Kita jadi mudah loyo, lesu, dan kurang bersemangat saat menghadapi tantangan atau kesulitan. Beda halnya jika kita memiliki teman satu perjuangan yang sama-sama berlatih. Maka dari itu, sejak tanggal 1 April 2015, saya mendirikan sebuah komunitas belajar dan sharing bahasa Inggris, dengan nama KIA (Komunitas Inggris Aja!). Disini, selain saling belajar dan berbagi ilmu seputar bahasa Inggris, kita juga bebas sharing, curhat, dan juga saling canda dengan menggunakan bahasa Inggris. Sungguh asyik sekali rasanya! Kamu bisa cek akun KIA melalui akun twitter saya (@aditriasmara) atau juga langsung terhubung dengan KIA di @TweetInggrisAja.

Yap, itulah 3 kesalahan utama pembelajar bahasa Inggris yang sering terjadi sehingga menghadirkan perasaan benci, tidak suka, dan juga bosan terhadap bahasa Inggris. Sekian dulu, next time kita lanjut lagi pembahasannya.

Untuk kamu pengguna aktif Facebook, saya mengundang Anda untuk bergabung DISINI sekarang juga untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah dan cepat!

Sampai jumpa di artikel berikutnya! ^.^

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com